Connect with us

Nasional

Kenapa Surat Sri Mulyani dan Bos Besar Freeport bisa Bocor ke Publik

Sekali kali dengarkan berita politik biar tau ya yuk simak Dua berita surat bocor mewarnai sektor energi dan tambang sepanjang pekan kemarin. Pertama, bocornya surat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, soal kondisi keuangan PLN. Surat itu ditujukan ke Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dan Menteri BUMN, Rini Soemarno. Kedua, beredarnya surat CEO Freeport-McMoRan Inc, Richard Adkerson, kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Hadiyanto.

Lantas, kenapa bocornya kedua surat itu bikin heboh? Surat Sri Mulyani kepada Jonan dan Rini dirilis 19 September 2017, dengan nomor S-781/MK.08/2017 bersifat penting dan segera Dalam surat tersebut, Sri Mulyani menjelaskan kondisi keuangan PLN mengkhawatirkan besarnya kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang tidak didukung pertumbuhan kas bersih operasi. Ada potensi terjadinya gagal bayar.

Kondisi tersebut bakal memburuk, karena PLN harus investasi untuk program pembangunan 35.000 MW yang merupakan penugasan pemerintah. Kekhawatiran Sri Mulyani seakan membenarkan ramalan Rizal Ramli soal kondisi keuangan PLN terkait program 35.000 MW. Rizal buka suara mengkritik 35.000 MW saat masih menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman 2015 lalu.

Menurut Rizal, dalam 5 tahun hingga 2019, Indonesia hanya butuh pembangkit listrik dengan total kapasitas 16.000 MW. Nah, jika program 35.000 MW dipaksakan akan membuat PLN bangkrut.

“Bila 35.000 MW ini dipaksakan, maka membahayakan keuangan PLN, bahkan bisa berujung pada kebangkrutan,” tutur Rizal 7 September 2015 silam.

Di sisi lain, jika mengacu laporan keuangan PLN triwulan II-2017 (unaudited), jumlah utang jangka panjang PLN mencapai Rp 299,364 triliun. Utang jangka panjang ini naik Rp 40,025 triliun dibandingkan triwulan II-2016 (audited) yang sebesar Rp 259,339 triliun.

Namun, bagi Menteri BUMN, Rini Soemarno, wajar saja seorang menteri keuangan mengirim surat seperti itu. Rini memandang surat tersebut sebagai bentuk perhatian Sri Mulyani sebagai menteri keuangan mengingatkan kondisi keuangan PLN.

“Tapi wajar bagi menteri keuangan untuk membandingkan, bahwa dia lebih khawatir dari saya. Dia harus mengingatkan kita,” kata Rini di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Sedangkan Dirut PLN, Sofyan Basir, menegaskan kondisi keuangan PLN sehat, dan dia segera menyiapkan surat balasan untuk Sri Mulyani.

“Kita saat ini punya cashflow Rp 63 triliun, belum lagi standby loan di bank (pinjaman siaga) Rp 38 triliun. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kondisi keuangan kami sehat.

Penolakan Freeport

Setelah surat Sri Mulyani, beredar pula surat bos besar Freeport, Richard Adkerson, pada Jumat (29/9/2017). Surat bertanggal 28 September 2017 itu intinya menolak proposal pemerintah soal divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia.

Proposal tersebut dinilai tidak sesuai dengan kerangka kesepakatan antara Freeport yang diwakili Adkerson Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, beberapa waktu lalu.

Dalam poin tentang divestasi disebutkan, posisi pemerintah Indonesia soal valuasi harga divestasi 51% saham dihitung berdasarkan manfaat dari kegiatan pertambangan yang diperoleh hingga 2021. Saat itu adalah berakhirnya masa kontrak karya Freeport di Indonesia.

Freeport menolak hitungan divestasi versi pemerintah. Menurut Adkerson, divestasi harus mencerminkan nilai pasar yang wajar dari bisnis yang dijalankan Freeport hingga 2041, berdasarkan pada standar internasional dalam menilai bisnis pertambangan dan konsisten dengan hak-hak yang tercantum dalam kontrak karya.

“Para pemegang saham internasional Freeport tidak akan menerima transaksi apapun yang tak mencerminkan nilai bisnis yang wajar berdasarkan hak-hak kontraktual kami sampai 2041,” tutur Adkerson dalam suratnya.

Yang jelas, Sri Mulyani belum memberi pernyataan terhadap surat bos besar Freeport. Hadiyanto pun mengaku belum menerima surat tersebut.

“Saya belum terima. Mungkin belum sampai ke saya. Itu koordinasi Kemenkeu, ESDM, dan BUMN. Itu harus ada tim yang menindaklanjuti penyelesaian divestasi,” tutur Hadiyanto di kantor Kemenkeu, Jumat malam (29/9/2017). Sudah baca kan di simak ya jangan cuma asal baca juga di cerna lho

Published

on

Sekali kali dengarkan berita politik biar tau ya yuk simak Dua berita surat bocor mewarnai sektor energi dan tambang sepanjang pekan kemarin. Pertama, bocornya surat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, soal kondisi keuangan PLN. Surat itu ditujukan ke Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dan Menteri BUMN, Rini Soemarno. Kedua, beredarnya surat CEO Freeport-McMoRan Inc, Richard Adkerson, kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Hadiyanto.

Lantas, kenapa bocornya kedua surat itu bikin heboh? Surat Sri Mulyani kepada Jonan dan Rini dirilis 19 September 2017, dengan nomor S-781/MK.08/2017 bersifat penting dan segera Dalam surat tersebut, Sri Mulyani menjelaskan kondisi keuangan PLN mengkhawatirkan besarnya kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang tidak didukung pertumbuhan kas bersih operasi. Ada potensi terjadinya gagal bayar.

Kondisi tersebut bakal memburuk, karena PLN harus investasi untuk program pembangunan 35.000 MW yang merupakan penugasan pemerintah. Kekhawatiran Sri Mulyani seakan membenarkan ramalan Rizal Ramli soal kondisi keuangan PLN terkait program 35.000 MW. Rizal buka suara mengkritik 35.000 MW saat masih menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman 2015 lalu.

Menurut Rizal, dalam 5 tahun hingga 2019, Indonesia hanya butuh pembangkit listrik dengan total kapasitas 16.000 MW. Nah, jika program 35.000 MW dipaksakan akan membuat PLN bangkrut.

“Bila 35.000 MW ini dipaksakan, maka membahayakan keuangan PLN, bahkan bisa berujung pada kebangkrutan,” tutur Rizal 7 September 2015 silam.

Di sisi lain, jika mengacu laporan keuangan PLN triwulan II-2017 (unaudited), jumlah utang jangka panjang PLN mencapai Rp 299,364 triliun. Utang jangka panjang ini naik Rp 40,025 triliun dibandingkan triwulan II-2016 (audited) yang sebesar Rp 259,339 triliun.

Namun, bagi Menteri BUMN, Rini Soemarno, wajar saja seorang menteri keuangan mengirim surat seperti itu. Rini memandang surat tersebut sebagai bentuk perhatian Sri Mulyani sebagai menteri keuangan mengingatkan kondisi keuangan PLN.

“Tapi wajar bagi menteri keuangan untuk membandingkan, bahwa dia lebih khawatir dari saya. Dia harus mengingatkan kita,” kata Rini di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Sedangkan Dirut PLN, Sofyan Basir, menegaskan kondisi keuangan PLN sehat, dan dia segera menyiapkan surat balasan untuk Sri Mulyani.

“Kita saat ini punya cashflow Rp 63 triliun, belum lagi standby loan di bank (pinjaman siaga) Rp 38 triliun. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kondisi keuangan kami sehat.

Penolakan Freeport

Setelah surat Sri Mulyani, beredar pula surat bos besar Freeport, Richard Adkerson, pada Jumat (29/9/2017). Surat bertanggal 28 September 2017 itu intinya menolak proposal pemerintah soal divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia.

Proposal tersebut dinilai tidak sesuai dengan kerangka kesepakatan antara Freeport yang diwakili Adkerson Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, beberapa waktu lalu.

Dalam poin tentang divestasi disebutkan, posisi pemerintah Indonesia soal valuasi harga divestasi 51% saham dihitung berdasarkan manfaat dari kegiatan pertambangan yang diperoleh hingga 2021. Saat itu adalah berakhirnya masa kontrak karya Freeport di Indonesia.

Freeport menolak hitungan divestasi versi pemerintah. Menurut Adkerson, divestasi harus mencerminkan nilai pasar yang wajar dari bisnis yang dijalankan Freeport hingga 2041, berdasarkan pada standar internasional dalam menilai bisnis pertambangan dan konsisten dengan hak-hak yang tercantum dalam kontrak karya.

“Para pemegang saham internasional Freeport tidak akan menerima transaksi apapun yang tak mencerminkan nilai bisnis yang wajar berdasarkan hak-hak kontraktual kami sampai 2041,” tutur Adkerson dalam suratnya.

Yang jelas, Sri Mulyani belum memberi pernyataan terhadap surat bos besar Freeport. Hadiyanto pun mengaku belum menerima surat tersebut.

“Saya belum terima. Mungkin belum sampai ke saya. Itu koordinasi Kemenkeu, ESDM, dan BUMN. Itu harus ada tim yang menindaklanjuti penyelesaian divestasi,” tutur Hadiyanto di kantor Kemenkeu, Jumat malam (29/9/2017). Sudah baca kan di simak ya jangan cuma asal baca juga di cerna lho

Continue Reading
Advertisement
Comments

Nasional

Jalan Rusak di Kendal Sepanjang 215 Kilometer!

Published

on

By

Berita Kendal hari ini yang di lansir dari kompas.com tentang jalan yang rusak di Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Jalan Kabupaten di Kendal, Jawa Tengah, sepanjang 215 kilometer dalam kondisi rusak.

Kadar kerusakan, tidak sekadar aspal mengelupas, melainkan sudah berupa lubang menganga yang kalau hujan membentuk kubangan.

Nah, untuk mengatasi persoalan ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Kendal akan melakukan perbaikan yang dimulai apda 2018 mendatang.

Itu pun tak seluruhnya akan diperbaiki, hanya sepanjang 65 kilometer karena terantuk pendanaan.

Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono, mengatakan anggaran untuk perbaikan jalan diambilkan dari APBD Kendal, dan bantuan dari Provinsi Jawa Tengah.

Panjang perbaikan jalan yang dibiayai oleh APBD Kendal sekitar 40 kilometer, dan sisanya 15 kilo meter bantuan dari pemerintah Provinsi.

“Panjang jalan di Kabupaten Kendal semuanya ada 780 kilometer. Pada tahun 2016, jalan yang rusak ada 290 kilometer. Tahun 2017, ada perbaikan sepanjang 75 kilometer, sehingga yang rusak tinggal 215 kilometer,” terang Sugiono.

Dia menambahkan, jalan rusak yang diprioritaskan adalah jalan penghubung antar kecamatan dan kabupaten.

Di antaranya jalan Gladak Kaliwungu, yang menghubungkan beberapa kecamatan, dan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Semarang.

“Di samping itu, juga jalan-jalan penopang ekonomi masyarakat Kendal. Seperti jalan tembus Weleri, Gemuh, Pegandon, Dampel hingga Kaliwungu,” kata dia.

Sugiono optimistis tahun 2021 semua jalan di Kabupaten Kendal sudah mulus.

Sebelumnya ketua Komisi C DPRD Kendal, Nasri, mengaku banyak menerima aduan dari masyarakat, terkait jalan rusak.

Untuk itu, Komisi C saat ini tengah melakukan pengajuan Raperda inisiatif mengenai percepatan pembangunan infrastruktur di Kendal.

“Kerusakan jalan di Kendal tersebar di seluruh titik. Baik di sisi dekat pesisir pantai maupun Kendal bagian selatan,” kata Nasri.

Berdasarkan perhitungannya secara kasar, idealnya dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan sebesar Rp 250 miliar per tahun. Dengan demikian, dalam lima tahun, seluruh jalan rusak bisa diperbaiki.

“Realitanya dana yang dianggarkan sangatlah minim dan jauh dari angka Rp 200 miliar,” sebut Nasri.

Menurut Nasri, anggaran untuk jalan rusak pada tahun 2017, sebesar Rp 61 miliar. Tahun 2018 naik menjadi Rp 75 miliar.

Meski naik, anggaran tersebut menurut Nasri masih jauh dari ideal. Demikian ulasan tentang berita kendal hari ini semoga bermanfaat buat pembaca setia berita online jika bermanfaat silahkan bagikan kepada teman teman terima kasih banyak.

Continue Reading

Nasional

Berita Nasional Gatot Nurmantyo Sebut Pergantian Panglima TNI Urusan Presiden

Published

on

By

MALANG – Segera berakhirnya masa jabatan Panglima TNI, pada bulan Maret 2018 mendatang. Tidak dirisaukan oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Meskipun kalangan DPR, sudah mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi), segera mengusulkan nama penggantinya.

Saat ditemui seusai memberikan kuliah terbuka di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Gatot menyatakan, pergantian Panglima TNI, merupakan urusan Presiden. “Itu urusannya Presiden,” ujarnya singkat, di Malang, Jumat (24/11/2017).

Terkait adanya desakan dari DPR RI, agar segera ada usulan nama pengganti Panglima TNI. Termasuk, munculnya wacana penggantinya berasal dari TNI AU, atau TNI AL. Gatot mempersilakan saja ada wacana itu. “Silakan saja ada wacana-wacana itu,” imbuhnya.

Selain persoalan pergantian Panglima TNI. Gatot juga menyampaikan, saat ini tim gabungan Polri, dan TNI, terus melakukan upaya pengejaran kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. “Kami terus melakukan pengejaran,” tegasnya.

Saat memberikan kuliah terbuka, Gatot berharap, para mahasiswa bisa menjaga keutuhan persatuan Indonesia. Jangan sampai, di Indonesia, terjadi perang antar suku, agama, dan kelompok, karena ini akan menghancurkan Indonesia, dan menguntungkan banyak pihak lain yang mengincar kekayaan sumber daya Indonesia.

Potensi Indonesia, menurutnya sangat luar biasa. Baik potensi sumberdaya alam, manusia, maupun populasi digitalnya. Berdasarkan data yang didapatkannya, sebanyak 132,7 juta penduduk Indonesia, menggunakan internet. Sebanyak 106 juta penduduk, menggunakan media sosial.

Sementara, ada sebanyak 92 juta penduduk yang menggunakan telepon seluler. Tetapi, jumlah tersebut lebih kecil bila dibandingkan dengan nomor telepon yang aktif, yakni mencapai sebanyak 371,4 juta nomor.

Menurut Gatot, perang yang terjadi saat ini bukan merupakan perang linier. Tetapi, satu pihak menggunakan pihak lain untuk berperang menggunakan segala aspek. “Hal ini bisa ditangkal dengan kekuatan budaya, tardisi, moral, dan akhlak. Karena hal-hal itu, tidak bisa dibeli oleh siapapun,” tegasnya.

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Abdul Haris mengatakan, kehadiran Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, sangat penting bagi generasi muda, agar mengetahui tantangan Indonesia, ke depan. “Indonesia, jangan sampai tercerai-berai,” tandasnya. Sumber berita dari nasional.sindonews.com

Continue Reading

Nasional

11 Perbedaan Paling Konyol antara Cowok dan Cewek

Published

on

By

Nih Bro Perbedaan antara Cowok dan Cewek simak baik baik ya jangan sampai kelewat bacanya Perbedaan karakteristik cowok dan cewek emang gak ada habisnya buat dibahas. Bahkan, terkadang perbedaan itu bisa ajaib dan absurd. Apa aja sih memangnya perbedaan paling konyol antara cowok dan cewek?

1. Panggilan
Suatu hari ada tiga orang cewek yang bersahabat, sebut saja namanya Monik, Lala, dan Aulia, sedang jalan bareng. Mereka pasti akan memanggil satu sama lain dengan nama Monik, Lala, dan Aulia.
Sementara, ketika tiga cowok ini nongkrong bareng, sebut saja namanya Syamsul, Angga, dan Joko, mereka akan saling memanggil dengan panggilan “Cuk”, “Nyet”, atau “Su”.

2. Bayar makan
Cowok akan rebutan ngebayarin.
Cewek akan rebutan minta dibayarin.

3. Belanja
Cowok rela membayar dua kali lipat untuk barang yang dia butuhkan.
Cewek rela membayar berapa pun untuk barang yang gak dia perlukan, asal barang itu lagi diskon.

4. Kamar mandi
Cowok cuma perlu enam barang di kamar mandi: sikat gigi, pasta gigi, sampo, sabun, alat cukur, dan handuk.
Cewek perlu sikat gigi, pasta gigi, sampo, sabun, handuk, handuk muka, lulur, pembersih muka, toner, krim malam, pelembab, dan puluhan barang lain yang gak bisa diidentifikasi sama cowok.

5. Bertengkar
Saat bertengkar, yang paling akhir mengeluarkan kata-kata adalah si cewek.
Kata-kata cowok yang keluar setelahnya adalah awal pertengkaran baru.

6. Masa depan
Seorang cewek bakal merasa galau sama masa depannya sampai dia mendapatkan suami.
Seorang cowok gak pernah galau sama masa depannya, sampai dia mempunyai istri.

7. Sukses
Pria sukses adalah yang penghasilannya melebihi yang bisa dihabiskan oleh istrinya.
Wanita sukses adalah wanita yang bisa menikahi pria di atas.

8. Pernikahan
Wanita yang sudah menikah akan berharap sifat suaminya berubah. Si suami nggak akan pernah berubah.
Pria yang sudah menikah akan berharap sifat istrinya nggak akan pernah berubah. Si istri bakal berubah.

9. Berdandan
Wanita akan berdandan pada segala kesempatan, baik saat pergi belanja, berkebun, nongkrong, bahkan pas buang sampah ke luar rumah.
Pria akan berpakaian rapi saat pernikahan atau pemakaman.

10. Saat tidur
Cowok yang baru bangun tidur sama gantengnya ketika mau tidur.
Cewek entah gimana menjadi lebih jelek pas bangun tidur.

11. Terhadap anak-anak
Wanita tahu segala tentang anaknya. Dia tahu kapan harus ke dokter gigi, apa makanan kesukaannya, juga rasa takut dan harapannya. Wanita tahu cara mengurus anak-anaknya.

Gimana sob sudah bacakan menurutmu gimana masuk akal nggak tinggalkan komentar di bawah yang miripmirip kamu alami.

Continue Reading

Facebook

Trending